Bahaya! Inilah 7 faktor utama penyebab kanker !

Bahaya! Inilah 7 faktor utama penyebab kanker !

Add Comment

Mengenal bahaya kanker sedini mungkin akan membantu kalian terhindar dari penyakit ganas yang satu ini, ingatkan? ada pepatah   mengatakan 'mencegah lebih baik dari mengobati!',oleh karena itu kenalilah fator utama penyebab kanker !


hindari hal ini jika tidak mau terkena kanker
sumber : evoucher.co.id

kanker adalah tumor ganas atau pembengkakan yang terdiri dari sel-sel abnormal yang mampu  menjalar  secara tidak terkendali. Banyak yang berpandangan keliru  bahwa setiap pembengkakan atau benjolan adalah kanker. Namun, tidak begitu. Tidak seperti pembengkakan jinak, sel-sel kanker umumnya memiliki kecenderungan untuk menyerang jaringan sekitarnya dan kadang-kadang bermetastasis (pecah dan menyebar) ke jaringan tubuh yang jauh melalui aliran darah atau sistem limfatik.

Kanker terjadi ketika ada gangguan terhadap proses normal pembelahan sel. Sel-sel tubuh terus mengalami pembelahan seli. Namun, kesalahan atau mutasi kadang-kadang terjadi selama proses ini. Jika tidak segera diperbaiki oleh tubuh, hal ini akan menyebabkan  pembentukan sel-sel yang abnormal yang terus berkembang biak tak terkendali dan akhirnya menyebabkan kanker.

Kanker dikatakan membunuh lebih banyak orang setiap tahun daripada  HIV / AIDS, Malaria dan TBC. Menurut Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC), pada tahun 2030, lebih dari 21 juta kasus baru kanker akan didiagnosis dengan 13 juta orang meninggal akibat kanker setiap tahun. Selain itu, statistik telah menunjukkan bahwa 80.000 perempuan Nigeria mati dari berbagai bentuk kanker setiap tahun dengan kanker payudara di bagian teratas.

Karena itulah tidak bosan bosan saya mengatakan bahwa kanker itu amat sangat berbahaya, dan berikut 7 faktor utama penyebab kanker:

Merokok

Merokok, aktif atau pasif merupakan penyebab utama dari kanker paru-paru termasuk, nasofaring, esofagus dan kanker prostat. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar 33% dari semua kematian akibat kanker tahunan di Amerika Serikat adalah hasil dari merokok dan sekitar 98% dari pasien dengan kanker paru sel kecil (SCLC) memiliki riwayat merokok yang signifikan

Obesitas

Dibandingkan dengan orang dengan berat badan normal dan Body Mass Index (BMI), penderita obesitas memiliki resiko yang paling besar untuk terkena berbagai jenis kanker seperti  kanker pankreas, usus, ginjal, esofagus, payudara dan endometrium antara lain. Salah satu penjelasan mengapa obesitas dapat meningkatkan resiko terkena kanker adalah bahwa orang gemuk  menghasilkan jumlah lemak estrogen yang berlebihan,kadar estrogen yang tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara dan kanker endometrium. Selanjutnya, penderita obesitas cenderung memiliki tingkat darah insulin yang tinggi dan insulin-like Growth Factor 1 (IGF-1) merupakan faktor pengembangan beberapa jenis kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa individu yang kelebihan berat badan dan obesitas memiliki risiko 200-400% lebih tinggi terkena kanker endometrium dibandingkan rekan-rekan mereka dengan BMI normal. Jadi sekarang kalian tau kan diet itu tidak hanya bermanfaat untuk membentuk tubuh kalian agar lebih bagus tapi juga untuk kesehatan.

HIV / AIDS

Penderita HIV/AIDS memilik resiko tinggi untuk terkena satu dari Tiga kanker ini yaitu Kaposi Sarcoma, Non-Hodgkin Lymphoma dan Kanker Serviks. Misalnya, seseorang yang terinfeksi HIV memiliki risiko lebih tinggi mewujudkan Kaposi Sarkoma dan risiko 70 kali lebih tinggi terkena Non-Hodgkin Lymphoma. Beberapa jenis kanker lainnya mereka beresiko termasuk kanker dubur, limfoma Hodgkin dan kanker paru-paru. Karena HIV / AIDS melemahkan sistem kekebalan tubuh, diyakini bahwa hal itu merupakan predisposisi beberapa infeksi lain yang dapat menyebabkan kanker misalnya Human Papilloma Virus (HPV) infeksi yang telah terlibat dalam kanker serviks.

Alkohol berlebihan

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi alkohol yang berlebihan meningkatkan risiko oral, tenggorokan, esofagus dan kanker hati. , jika kalian berhenti minum Alkohol secara berlebihan, risiko kanker yang mematikanjuga  akan secara signifikan berkurang.
Paparan berlebihan terhadap sinar matahari
Nih bagi kalian yang suka berjemur atau emang hobi panas-panasan sebaiknya kalian kurangi saat ini juga, karena terkena sinar matahari secara berlebihan  akan meningkatkan risiko kanker kulit. Sejumlah penelitian telah menunjukan bahwa Ultraviolet (UV)  dapat memberikan radiasi terhadap kulit yang akhirnya dapat menyebabkan kanker kulit,

Teliti riwayat kesehatan keluarga

Kanker dapat diturankan secara genetik, oleh karena penting rasanya untuk mengetahui apakah didalam keluarga kalian ada orang yang memiliki riwayat terkena kanker ,dan jika iya maka kalian harus extra waspada karena  orang yang memiliki keluarga atau kerabat  yang memiliki riwayat kanker akan memiliki tingkat resiko yang tinggi untuk terkena kanker.

Meningkatkan Umur


Semakin bertambahnya Usia, risiko untuk  terserang kanker juga cenderung meningkat. Sebagai contoh, kanker payudara sangat jarang terjadi pada wanita di bawah 25 tahun, rata-rata wanita yang rentan mengalami kanker payudara adalah yang berusia 50-55 tahun. Selanjutnya, kanker prostat adalah suatu kondisi penyakit yang biasanya terjadi  pada orang tua (usia> 65 tahun) dan resikonya dapat meningkat setinggi 80% pada usia 80 tahun.

Itulah faktor-faktor penyebab utama dari penyakit kanker , semoga kalian dapat mengurangi aktifitas-aktifitas yang dapat merugikan diri kalian sendiri ! dan semoga kita selalu diberi kesehatan dan terhindar dari berbagai penyakit mematikan termasuk kanker ! Amien !

Baca juga artikel ini agar terhindar dari kanker : Tips mencegah kanker otak

Mari Hidup Sehat ! Bareng Gang Tole

About the Author

Nunc at tortor tempor, tincidunt purus ut, placerat turpis. Sed pulvinar vehicula dolor, at volutpat nibh euismod sed. Nunc sit amet lectus arcu. Nullam sit amet urna in felis accumsan iaculis a sed urna.

0 comments

Sports

Games

Education

#AdsenseSpace 300 x 250

Subscribe Box

Kutipan

Pictures

Sosial Media ( Sticky! )

Komentar Terbaru

Business

Contact

Name

Email *

Message *

Random Post

Video

728x90 AdSpace

Slider

Powered by Blogger.

Movies

Fashion

  • Latest News

    News

    Games

    Music